Minggu, 08 April 2012

Hibiscus cannabinus L.


Nama :DWI EKA YANTI                     NIM : K4309025
Gambar  Species :

Nama Ilmiah : Hibiscus cannabinus L.


Nama Indonesia : Kenaf


Nama Lokal : rami Jawa



Deskripsi umum : Merupakan herba tegak,menahun,tinggi mencapai 2 m- 5 m. Batang pipih,silindris, pada tanaman budidaya tidak bercabang dan gundul, pigmentasi seluruhnya hijau, hijau dengan merah atau ungu ataupun seluruhnya merah, kadang dibawah hijau dan diatas berpigmentasi.Daun berseling,stipula filiform, panjang 5-8 mm, berambut, panjang tangkai daun 3-30 cm, pada bagian adaksial berambut rata dan pada bagian abaksial berbulu tegak, berwarna hijau hingga merah,helaian daun berukuran 1-19 cm x 0.1-20 cm, pangkal daun meruncing sampai bentuk jantung, tepi beringgit atau bergigi, ujung daun meruncing, permukaan atas gundul, permukaan bawah berambut sepanjang urat daun. Bunga axiler, soliter atau kadang berkelompok dekat ujung, biseksual, diameter 7.5-10 cm. kelopak menggenta, berwarna hijau, berbulu tegak, mahkota besar dan terlihat, biasanya berwarna krem hingga kuning dengan merah pada pangkal dalamnya, terkadang biru atau ungu. Buah bulat telur, tipe kapsul, 12-20 mm x 11-15 mm, berambut lebat, mengandung 20-25(-35) biji. Biji bentuk ginjal hingga triangular dengan sudut runcing, 3-4 mm x 2-3 mm, berwarna keabuan atau coklat-hitam dengan titik kuning menyala. Persebaran:Kenaf merupakan tanaman asli Afrika,di negara-negara selatan Sahara, Hibiscus cannabinus merupakan tanaman liar yang umum dan secara luas ditanam sebagai tanaman sayuran dan serat. Angola kemungkinan menjadi pusat tanamn asli yang pertama,tetapi keragama morfologi terbesar ditemukan di Afrika Utara. Negara penghasil kenaf terbesar adalah Bengal Barat dan daerah pantai sepanjang Visakhapatnam (Andhra Pradesh) dan Madras (Tamil Nadu). Kenaf diintroduksi ke Indonesia dari India pada tahun 1904.Di Malesia juga ditanam tetapi tidak pernah tumbuh liar.
Bagian yang dimanfaatkan :
        

Etnis yang memanfaatkan :
Suku bali untuk upacara adat. Dan dayak dan juga bisa semua suku untuk kerajinan.




Manfaat Organ Spesifik:
Sebagai penghasil serat
Pohon diambil seratnya dan dibuat tas, alas karpet, dan jaring ikan,dan kerajinan lainya.
Biji di ekstraksi menghasilkan minyak untuk sabun, linoleum, cat dan pernis.
Produk :
   


Pengolahan :

Batang bawah berisi serat terbaik. dipotong. Dicuci untuk memisahkan kulit dari kayu dan melepaskan serat. Serat-serat tersebut kemudian dibersihkan dengan tangan dan dikeringkan di bawah sinar matahari. Peralatan penting untuk panen kenaf terdiri dari traktor, bajak, garu, bor butir cahaya, dan sebuah alat pengupas.kemudian dikirim ke pabrik-pabrik atau usaha rumah tangga untuk diolah menjadi barang jadi. Untuk bijinya, diekstraksi di industi kimia.







Pemanfaatan :
Masyarakat umumnya telah mengenal kenaf atau rosela (Hibiscus cannabinus) sebagai tanaman penghasil serat karung. Tumbuhan ini dapat dibuat berbagai kerajinan. Diantaranya lap kaki,tas,topi, dll. Ataupun juga sebagai pakaian adat orang zaman dahulu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar